Rabu, 04 Maret 2015

TIPS BELAJAR ASYIK DAN MENYENANGKAN

Belajar itu menyenangkan
Belajar senenarnya sesuatu yang asyik kalau kita melakukan dengan benar.Kali ini saya akan membagi tips bagaimana supaya belajar asyik dan menyenangkan buat teman-teman :
1. Pilih waktu yang tepat.
Kamu pasti tahu kapan waktu yang tepat untuk belajar,untuk diri kamu sendiri bisa siang, malam, atau subuh.Carilah waktu yang mana yang membuatmu lebih relaks.

2. Bikin suasana nyaman.
Bukan hanya pilihan waktu, suasana pun sangat mendukung efektifitas belajar. Cari tempat yang nyaman di kawasan rumah kamu, bisa jadi itu adalah kamar kamu atau bahkan balkon rumah. Kalau kamu terbiasa dengan musik, kamu juga bisa belajar sambil mendengarkan musik.
3. Bikin diagram/catatan pribadi.
Tidak semua yang ada di buku pelajaran atau yang disampaikan guru kamu penting. Pilih poin-poin utama dan temukan kata kuncinya. Sehingga apa yang kamu pelajari akan lebih sederhana.
4. Mengerti bukan Menghafal.
Disaat kamu mengerti topik yang kamu pelajari, secara otomatis kamu akan paham. Pemahaman ini yang akan membantu kamu menganalisa jawaban. Jadi, biar soalnya diputar-putar, kamu pasti bisa jawab. Mungkin benar, beberapa mata pelajaran memang butuh hafalan. Misalnya saja tanggal bersejarah atau nama-nama tokoh. Kuncinya;baca berulang-ulang, tanpa kamu sadari hafalan itu bakal melekat di ingatan dengan sendirinya.
5. Ambil jeda waktu.
Yang namanya bosan dalam belajar sangatlah wajar. Selama proses belajar berikan jeda per sekian menit untuk melakukan aktifitas lain. Seperti berjalan- jalan atau sekedar stretching. Jangan lupa juga sediakan air putih. Belajar juga harus memperhatikan kesehatan lho!
6. Jangan Dipaksa.
Belajar yang efektif adalah ketika kamu belajar karena benar- benar ingin belajar. Untuk sampai ke level ini kamu harus disiplin, lama kelamaan kamu akan merasakan belajar sebagai sebuah kebutuhan.
7.Coba lah lebih kreatif.
Kamu nggak melulu harus mandangin text book. Tapi dengan sedikit effort kamu bisa menemukan sumber dan media yang tepat. Misalnya recording suara, rekaman video, slide presentasi, dan lain sebagainya. Semakin kreatif media yang kamu gunakan, maka kamu akan semakin betah belajar.
8.Belajar Kelompok.
Bosan belajar sendirian? Coba saja belajar secara kelompok bareng teman. Dengan belajar kelompok kegiatan belajar akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar. Hehehehe
9.Selalau Disiplin Dan Tekun Dalam Belajar.
Yang penting di sini adalah kualitas belajarnya. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau di lakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar dalam waktu yang sangat lama pada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian saja.
10. Bertanya Kalau Belum Paham.
Jangan ragu dan takut untuk bertanya kalau memang kurang paham atau kurang mengerti.pertanyaan bisa ditujukan kepada teman atau guru.
Nah teman -teman ini adalah tips yang bisa saya berikan untuk kalian.Semoga bermanfaat!!!.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar